Powered By Blogger

Senin, 25 Januari 2016

Roti O



Roti boy

Penasaran sama roti 1 ini sering banget postingan temen2 yg hikin bginian nungul di nf, akhirnya memberanikan diri buat nyoba bikin padahal ga pernah terbayangkan sebelumnya klo aq bisa juga bikin roti sendiri yaa walaupun tidak selembut yg beredar di pasaran, maklim gak pake bread improver. Tapi alhamdulillah seneng bangt sama hasilnya lumayan lembutlah untuk ukuran roti rumahan mah, respon pasukan juga ok pas mateng langsung deh pada nyerbu, gak lupa juga ngirim ke bumer. Ini resepnya comot sana comot sini nih di sesuaikan dgn stok bahan yang ada aja.

Bahan :

-roti-
125-150 ml susu UHT, hangatkan (aq pake air hangat + susu bubuk)
400gr terigu prot sedang (aq mix prot tinggi n sedang 250:150)
1/2 bungkus fermipan
70gr gula halus
1/2 sdt garam
2 kuning telur
50 gr mentega

-filling-
100 gr unsalt butt (aq pake margarin)
2 sdm gula pasir halus

-Topping-
60gr margarin
50gr gula halus
1telur
80gr terigu prot rendah( aq pk terigu prot sedang)
1bungkus kopi seduh 30ml

Cara membuat :

1. Campur ragi instan dengan susu hangat, diamkan hingga berbusa.
2. Campur semua bahan roti, masukkan susu yang sudah dicampur ragi instan sedikit demi sedikit, bila dirasa sudah cukup, hentikan memasukkan susu.
3. Uleni hingga kalis, tutup plastik, diamkan selama 45 menit. Sisihkan.
4. Untuk membuat isian, campur semua bahan hingga rata, bekukan, lalu potong kotak-kotak
5. Toppingnya, kocok margarin dan gula halus hingga mengembang, masukkan telur, air kopi dan kayu manis, kocok rata, masukkan tepung, kocok rata. Taruh dalam plastik segitiga, simapn di kulkas
6. Membuat rotinya, kempiskan adonan yang sudah difermentasikan lalu isi dengan filling, tutup dan bentuk bulat kembali. Taruh dalam loyang bersemir margarin, beri jarak karena adonan akan mengembang. Biarkan mengembang, tutup plastik.
7. Sambil menunggu adonan mengembang kembali, panaskan oven.
8. Setelah adonan mengembang, beri topping di bagian atasnya dengan cara potong sedikit ujung plastik segitiga, taruh adonan topping di atas adonan roti dengan cara melingkar seperti obat nyamuk bakar, mulai dari tengah.
9. Oven sampai matang dengan suhu panas.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar